Diresmikan, Jeruklegi Miliki Jembatan Baru

Administrator 24 September 2020 12:29:19 WIB

Katongan (Sida Samekta), 24/9/2020. Pembangunan jembatan di atas aliran Kali Oya Padukuhan Jeruklegi Kalurahan Katongan Kapanewon Nglipar yang ditargetkan selesai pada akhir September 2020 diresmikan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul Drajad Ruswandono mengatakan pembangunan jembatan ini merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat berkaitan dengan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi akibat bencana Badai Cempaka yang terjadi di akhir 2017. Total dana hibah mencapai Rp 75 miliar. Selain membangun jembatan, dana juga digunakan untuk pembangunan jembatan Mojorejo, Jembatan Teleng kepuhsari hingga relokasi warga terdampak badai Cempaka. “Untuk proyek relokasi rumah warga sudah dilaksanakan tahun lalu. Untuk tahun ini kami membangun tiga jembatan dan relokasi SMP Negeri 3 Saptosari,” kata Drajad, Kamis (24/9/2020).

Dia menjelaskan untuk pembangunan Jembatan Teleng memiliki pagu anggaran Rp 8 miliar, sedangkan Jembatan Jeruklegi Rp 12 miliar. Menurut Drajad, proses pembangunan tidak terganggu dengan adanya pandemi Corona karena program sudah terencana sehingga tidak ada pengurangan mata anggaran.

Untuk pembangunan sudah dimulai sejak akhir Mei dan bisa selesai pada akhir September 2020. “Alhamdulillah semua dapat berjalan dengan lancar,” katanya.

Lurah Kalurahan Katongan, Jumawan, mengaku senang dengan adanya jembatan permanen. Pasalnya selama ini akses untuk aktivitas sangat terbatas karena jembatan gantung tidak bisa dilalui banyak kendaraan. “Kalau ada jembatan lebih besar, maka mobil bisa melintas,” katanya.

Hadir dalam peresmian tersebut selain Sekda juga Ir Rifai MBA dari Deputi Bidang Rehabilitasi dan Konstruksi BNPB, Biworo Kepala BPBD DIY, dan Pejabat Kabupaten sampai Kalurahan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar