Lurah Katongan Monitoring Penerima BSPS

Administrator 22 September 2020 21:25:24 WIB

Katongan, (Sida Samekta) 22/9/2020. BSPS yang juga dikenal dengan istilah bedah rumah merupakan salah satu program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Tujuan program BSPS adalah terbangunnya rumah layak huni oleh masyarakat berpenghasilan rendah. Lurah Katongan Jumawan menegaskan bahwa program BSPS atau Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya, diperuntukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan rumahnya tidak layak karena tidak mampu membangun.

“Selain itu, program ini untuk masyarakat yang sudah memiliki rumah, namun belum layak huni,” tegasnya saat melakukan monitoring 20 penerima program, Kamis (22/9/2020).

Jumawan menambahkan, bantuan tersebut intinya untuk meningkatkan kualitas sehingga yang tadinya rumah tidak layak huni menjadi layak huni. Meski mendapat bantuan untuk peningkatan kualitas katanya, sebagai penerima harus memiliki swadaya yang cukup agar dapat terselesaikan dengan baik.

“Bantuan tersebut didapat dari Dinas PUPR DIY. Program BSPS ini betul-betul untuk masyarakat berpenghasilan rendah,” katanya. Oleh sebab itu, lanjutnya, nanti harus dilaksanakan sebaik-baiknya, sesuai dengan spesifikasi teknis yang telah ditentukan, sehingga tercipta hunian yang layak huni.  

Sementara Kamituwa Katongan Wawan Gunarjo, mengatakan perumahan dan pemukiman merupakan hak dasar bsebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945

“Bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan yang baik dan sehat. Serta, berhak memperoleh layananan kesehatan,” terangnya.

Menurutnya, program BSPS ini tentu sangat berdampak terhadap penanggulangan kemiskinan pasalnya bisa meringankan beban masyarakat.

“Jika dilaksanakan dengan benar dan sungguh-sungguh, maka akan memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pengentasan kemiskinan,” ujar Wawan Gunarjo.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar